4 Cara Menemani Anak Belajar di Rumah Agar Lebih Berprestasi

Belajar di rumah merupakan salah satu cara anak untuk menambah ilmu pengetahuan agar prestasi di sekolah tetap cemerlang. Sebagai orangtua, Anda tentu dapat mendampingi anak belajar, seperti membantunya mengerjakan tugas atau menjawab pertanyaan yang sulit. Beberapa tips berikut mungkin bisa Anda ikuti agar proses belajar di rumah tetap menyenangkan.

Tips mendampingi anak belajar di rumah
Menurut U.S Department of Education, ketika orangtua terlibat dengan tugas sekolah anak, ada peningkatan komunikasi dalam hal sekolah dan keluarga. Dengan menemani anak belajar di rumah, orangtua dapat memahami apa yang dipelajari oleh anak di sekolah dan kesulitan yang mereka hadapi selama ini.

Supaya Anda dan anak bisa memperoleh manfaat tersebut, mungkin beberapa tips di bawah ini bisa membantu Anda dan anak.

1. Mengatur lingkungan yang nyaman
Misalnya, Anda bisa menemani anak belajar di ruangan yang minim gangguan, seperti televisi atau ponsel mereka. Anak mungkin bisa belajar di ruang kerja atau kamar mereka. Hal ini bertujuan agar anak bisa berkonsentrasi ketika belajar.


2. Membantu anak membuat rencana

Rencana yang dimaksud adalah membantu mereka untuk menentukan jadwal belajar.
Umumnya, lebih baik membiarkan anak menyelesaikan tugas sebelum waktu makan malam. Pasalnya, semakin larut mereka mengerjakan tugas, semakin sulit anak untuk berkonsentrasi.


3. Menjadi penyemangat
Misalnya, ketika anak sedang mengerjakan tugas sekolah yang berkaitan dengan membaca, mungkin Anda bisa ikut membaca buku lain di dekat mereka. Dengan begitu, anak mengerti bahwa kemampuan yang saat ini mereka pelajari akan berguna saat dewasa.

4. Membuat ‘kontrak’ tentang tugas sekolah
Seperti yang dilansir dari laman Child Mind Institute, kontrak yang dimaksud adalah peraturan selama mengerjakan tugas sekolah di rumah.
Biasanya, metode ini cukup efektif bagi salah satu orangtua yang berada di rumah dan bisa mendampingi anak mereka belajar.
Peraturan tersebut bisa berisi apa yang disetujui oleh anak Anda dan apa peran serta tanggung jawab Anda selama mereka belajar.

Akan tetapi, jika sistem ini sudah berjalan cukup lama dan Anda melihat anak lebih sering menerima hukuman daripada poin tambahan, mungkin Anda perlu mengubah peraturan yang ada.
Mendampingi anak yang belajar di rumah mungkin membutuhkan kesabaran dan ketelitian ketika memeriksa pekerjaan mereka. Jika Anda mengalami kesulitan saat merencanakan peraturan ini, meminta bantuan kepada psikolog anak atau konselor di sekolah mungkin bisa membantu.

Referensi : https://hellosehat.com/parenting/tips-parenting/mendampingi-anak-belajar/

Share This Post: