Resep Inspirasi Minuman Segar dengan Madu

Madu dikenal sebagai salah satu bahan makanan dan minuman yang punya banyak khasiat untuk tubuh. Mulai dari antibakteri, antivirus, dan pereda radang. Selain itu madu juga bisa memberikan energi instan untuk tubuh. Nggak heran, deh, kalau banyak atlet dan pendaki gunung yang mengonsumsi madu saat beraktivitas. Kandungan fruktosa dan glukosa dalam madu juga bisa mengurangi kelelahan setelah beraktivitas seharian, lho.
Manfaat madu dikenal baik untuk kesehatan dan kecantikan. Cairan manis yang diproduksi oleh lebah ini pun akhirnya digunakan sebagai obat tradisional yang dipercaya bisa mengatasi berbagai kondisi. Benarkah anggapan mengenai manfaat madu tersebut jika dipandang dari segi medis?
Madu terdiri dari beberapa kandungan, di antaranya air, gula, antioksidan, flavonoid, fenolat, vitamin E, vitamin C, asam amino, serta mineral seperti zinc dan zat besi.
Masyarakat kerap mengambil manfaat madu sebagai obat untuk meredakan batuk, alergi, diare, dan asma. Tidak hanya itu, sebagian orang juga ada yang memanfaatkannya untuk berbagai permasalahan kulit, seperti meredakan kulit gatal dan menyembuhkan luka.
Jika Anda tertarik menggunakan madu sebagai obat tradisional, ada baiknya Anda mengetahui manfaat madu yang sebenarnya dari ranah medis.

Berikut Resep Minuman dengan Madu

1. Honey green tea ice blended
Apakah kamu penggemar green tea alias teh hijau? Kalau iya, sudah pernah coba smoothies green tea dan madu belum? Smoothies sehat dan menyegarkan ini cocok diminum saat ngobrol dengan teman atau me-time. Tertarik untuk mencoba?

Bahan:
# 250 g es krim vanila
# 1/2 sdt bubuk green tea
# 1 sdt air panas
# 50 ml madu
# 50 ml susu cair
# 100 g es serut
# 50 g whipped cream
# 15 g cokelat chip

Cara membuat:
# Larutkan bubuk green tea dengan air panas, aduk hingga merata.
# Blender es krim, larutan green tea, madu, susu cair, dan es serut hingga halus.
# Tuang ke dalam gelas saji.
# Hias dengan whipped cream dan taburan cokelat chip.

2. Susu, telur, madu, dan jahe (STMJ)
Siapa di sini yang suka minum STMJ saat begadang? Minuman olahan madu, susu, dan beberapa bahan lainnya bisa menghangatkan tubuh, apalagi di saat udara sedang dingin. Memang, sih, saat ini sudah banyak yang menjual bubuk STMJ instan, namun akan lebih sehat kalau minuman madu ini diolah sendiri.

Bahan:
# 1 gelas susu cair atau susu kental manis putih
# 1 ruas jahe, memarkan
# 2 butir kapulaga
# 2 butir cengkih
# 5 sdm madu
# 1 butir kuning telur ayam kampung

Cara membuat:
# Campur kuning telur dan madu ke dalam gelas, aduk hingga tercampur rata.
# Masukkan air, cengkih, kapulaga, susu, dan jahe ke dalam panci dan rebus hingga mendidih dan air rebusan harum.
# Saring rebusan air, kemudian tuang ke dalam gelas yang berisi madu dan telur.
# Aduk selagi panas hingga rata.
# Sajikan.

https://www.rukita.co/stories/resep-minuman-serba-madu/

Share This Post: