5 Cara Membantu Anak Mengatasi Stres Akibat Masalah di Sekolah

Tidak hanya orang dewasa yang dapat merasakan stres di kantor, anak pun dapat mengalami hal yang sama di sekolah mereka. Entah itu karena tugas sekolah yang tidak kunjung usai atau lingkungan yang buruk. Tentu sebagai orangtua Anda perlu membantu mengatasi stres anak di sekolah.

Bagaimana caranya? Simak ulasan di bawah ini untuk membantu Anda mengetahui jawabannya.

Tips membantu mengatasi stres anak di sekolah
Salah satu kunci membantu anak mengatasi stres akibat masalah di sekolah adalah mengajarkan mereka cara menyelesaikan masalah tersebut. Mulai dari merencanakan, mengetahui kapan harus menolak dan mengiyakan suatu ajakan dapat mengelola stres anak.
Hal ini bertujuan untuk mengurangi potensi anak melarikan diri dari masalah dengan mengonsumsi makanan secara berlebihan, obat-obatan atau alkohol. Artinya, mereka cenderung lebih mudah merasa diyakini oleh sesuatu yang membuat pikiran lebih baik segera.

Seperti yang dilansir dari laman Mott Children’s Hospital, ada tiga cara yang dapat orangtua lakukan untuk menghilangkan stres anak, yaitu:

  • Mengurangi faktor yang dapat menyebabkan anak stres

  • Membantu mereka membangun cara menyelesaikan masalah

  • Mengajari anak cara melepaskan stres

Ketiga cara ini bisa diterapkan pada anak yang mengalami stres akibat masalah di sekolah.

1. Mengatasi stres anak di sekolah dengan memperhatikan gejalanya
Kebanyakan kasus pada remaja yang memiliki masalah di sekolahnya, mereka cenderung terlihat lebih putus asa, seperti melukai diri sendiri. Walaupun mereka terlihat biasa saja dari luar, tanda tersebut adalah gejala stres yang cukup serius.
Berbeda dengan anak yang lebih muda. Mereka menunjukkan tanda yang lebih halus, seperti pura-pura sakit agar tidak sekolah atau menghadapi masalah mereka.

2. Mengajari anak cara mengelola waktu
Beberapa anak usia sekolah mungkin merasa berat hari-harinya karena terlalu banyak tugas yang harus dikerjakan dan les yang harus diikuti. Akibatnya, anak tidak tahu kapan harus mengerjakan tugas yang mungkin sudah menumpuk, sehingga mau tidak mau mengerjakannya di akhir pekan.
Oleh karena itu, peran orangtua di sini sangat penting agar mereka tahu bagaimana caranya mengelola waktu. Beberapa tips di bawah ini mungkin dapat membantu anak Anda untuk bisa mengorganisir pekerjaan sekolah mereka menjadi terasa lebih ringan.

  • Mengajarkan anak cara merencanakan kapan harus menyelesaikan tugas

  • Membantu anak mengerjakan tugas jika mereka merasa kesulitan

  • Menyediakan tempat belajar yang mendukung konsentrasi anak

  • Membantu anak menyeimbangkan antara belajar dan bermain

Hal ini dikarenakan aktivitas yang ditawarkan di luar jam belajar di sekolah pun cukup banyak. Selain bertujuan agar anak dapat bersosialisasi dengan murid lainnya, ekstrakulikuler juga membantu mengasah kemampuan mereka.

3. Membantu anak menjalani hidup sehat
Sama seperti orang dewasa, pola hidup yang buruk pun dapat memengaruhi tingkat stres anak menjadi lebih tinggi. Kurang tidur dan makan tidak teratur pun dapat membuat anak stres. Oleh karena itu, sebagai orangtua Anda perlu membantu anak menjalani hidup yang lebih sehat.
Misalnya, tidur yang cukup adalah suatu aktivitas yang sangat penting bagi setiap orang, bahkan anak Anda. Hal ini dikarenakan tidur dapat mengurangi stres, meningkatkan mood ,dan kinerja sekolah.
Anda mungkin dapat menciptakan lingkungan agar anak mendapatkan tidur yang cukup dengan menjauhkan TV dan barang elektronik lainnya dari kamar tidur mereka.
Selain itu, Anda mungkin dapat mulai program makan bersama keluarga demi mengurangi stres anak. Dengan begitu, Anda bisa mendengarkan dan berkomunikasi dengan mereka, setidaknya 4-5 kali dalam seminggu.

4. Membatasi tekanan yang diberikan ke anak
Sadar atau tidak, ucapan seperti “bagaimana ujian matematika hari ini?” ketika anak pulang ke rumah ternyata dapat memengaruhi prinsip sukses di mata mereka. Bertanya seputar akademis setelah mereka pulang sekolah ternyata tidak jarang membuat anak mengira bahwa nilai sangat dihargai dibandingkan apapun.
Alih-alih berkata demikian, mungkin ucapan tersebut bisa diganti dengan kabar mereka hari itu atau apakah mereka belajar sesuatu yang baru. Walaupun hal ini membutuhkan waktu dan latihan yang tidak sebentar, setidaknya Anda tidak terlalu menekan anak seputar sekolah.

5. Mengajarkan anak cara melepas stres
Beberapa cara di bawah ini mungkin dapat membantu anak untuk melepaskan stres mereka agar tidak membelenggu masa kanak-kanak yang seharusnya menyenangkan:

  • Berolahraga

  • Menulis jurnal atau menggambar tentang apa yang mengganggu mereka

  • Mengajak anak mengekspresikan perasaan dengan menangis, marah, atau tertawa

  • Ikut dalam kegiatan relawan atau membantu orang lain

  • Mulai melakukan meditasi, teknik pernapasan, atau yoga

Peran orangtua sangat penting untuk membantu anak mengatasi stres akibat masalah di sekolah. Dengan begitu, Anda bisa melihat anak tumbuh dewasa dengan masa kecil yang menyenangkan.

Referensi : https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/mengatasi-stres-anak-sekolah/

Share This Post: