4 Resep Olahan Madu untuk Meningkatkan Imun

Manfaat madu sudah banyak dibuktikan oleh para ahli. Madu sangat baik untuk kesehatan dan menjaga imun tubuh. Cara mengonsumsi madu dapat dilakukan dengan meminum langsung cairannya atau mengolahnya menjadi sajian lezat. Makanan dan minuman hasil dari olahan madu di bawah ini dapat kamu nikmati sembari WFH Ladies.

Pancake Madu
Saat ini aktifitas yang sedang ngetren di pagi hari adalah berjemur. Sembari berjemur alangkah nikmatnya jika kita menikmati kudapan sarapan sehat dan bergizi. Salah satu makanan yang dapat kita nikmati adalah pancake. Olahan pancake dengan madu ini cukup mudah membuatnya.

Bahan makanan:
1. 15 sdm tepung terigu
2. 1 butir telur
3. 3 sdm gula pasir
4. 1/2 sdt garam
5. 1/2 sdt BPDA (saya 1 sdt baking powder biasa)
6. 2 sdm margarin, lelehkan
7. 150 ml air atau bisa pula diganti denga susu cair rasa plan atau vanila

Cara membuatnya:
# kocok telur dan gula hingga mengembang, lalu masukan tepung terigu.
#Tambahkan susu cair dan garam. Setelah tercampur rata, masukkan margarin cair, aduk kembali perlahan hingga mengental.
#Sembari mengistirahatkan adonan yang baru diolah, panaskan teflon dengan api yang sangat kecil hingga benar-benar panas.
# Tuang 1 centong sayur adonan ke dalam teflon. Tutup dan tunggu hingga adonan berlubang lubang, balik dan tunggu beberapa saat, angkat.
# Buat beberapa lalu sajikan pancake dengan tambahan toping madu dan buah. Apabila menyukai rasa pait, dapat menambahkan kopi instan di dalam adonan pancake.

Sirup Madu
Menikmati minuman segar saat terik matahari di siang hari memang menyenangkan. Daripada mengonsumsi minuman-minuman yang masih diragukan manfaatnya untuk kesehatan alangkah lebih baiknya menjadikan madu sebagai minuman sirup.
Campur madu dengan air dingin dan perasan lemon. Apabila kamu penyuka rempah, dapat pula menambahkan jahe satu ruas yang telah digeprek. Bahan-bahan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga imun tubuh kita. Tidak suka minuman dingin? Jangan khawatir, kamu dapat pula menggantinya dengan air hangat.

Cake Madu Kismis
Selain pancake, makanan lain yang juga dapat dinikmati untuk sarapan maupun kudapan saat bersantai adalah cake madu kismis. Memang cara membuatnya agak rumit namun sepadan dengan rasa yang dihasilkan. Pertama, panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius dan siapkan loyang muffin yang telah diberi paper cup.

Untuk membuat adonannya:
1. cairkan 125 gram margarin dengan 50 ml susu cair, sampai agak hangat.
2. Lalu, masukan 2 butir telur, 30 gram gula pasir, kocok jangan sampai berbuih banyak usahakan hanya sampai gula hancur saja.
3. Tambahkan 150 gram madu, masukkan 200 gram tepung terigu,
4. 1 sdt baking powder, ½ soda kue dan 100 gram kismis lalu aduk rata. Tuang ke dalam loyang, taburi irisan almond atau kenari.
5. Panggang selama 20 menit, lalu angkat dan sajikan.

Selai Madu
Manikmati roti tawar akan lebih lezat jika menggunakan selai. Madu juga dapat diolah menjadi selai.
Cara membuatnya sangat mudah .
# Panaskan madu menggunakan panci anti lengket dengan api sedang.
# Aduk merata hingga mencair lalu campur dengan gula pasir dan perasan lemon sesuai selera.
# Kecilkan api dan tambahkan garam secukupnya sambil terus diaduk.
# Masukkan dalam wadah tertutup dan saat sudah dingin simpan dalam kulkas supaya bisa tahan lama.

Lemon dapat pula diganti dengan buah lain sesuai selera seperti strawberi atau nanas. Jika tidak terlalu suka manis, dapat pula tidak menggunakan gula sama sekali.

Referensi : https://www.beautynesia.id/berita-health/4-resep-olahan-madu-untuk-meningkatkan-imun/b-141238

Share This Post: