Psikolog: Kegiatan Membaca Bersama Dekatkan Orangtua-Anak

Psikolog dari Biro Psikologi Metafora Purwokerto Ketty Murtini mengatakan kegiatan membaca bersama bisa makin mendekatkan hubungan emosional antara orang tua dan anak. "Kegiatan membaca bisa mendekatkan hubungan orang tua dan anak jika dilakukan bersama dan saling berdiskusi atau menceritakan kembali apa yang sudah dibaca," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jateng.
Dia menjelaskan membaca buku bisa menjadi alternatif terbaik untuk mengisi kegiatan anak. "Dengan membaca buku yang bervariasi tentunya variasi wawasan juga akan bertambah".
Kendati demikian, kata dia, pada saat ini anak memiliki banyak alternatif bacaan lain selain buku. "Misalkan bahan bacaan di media sosial, internet dan lain sebagainya".
Dia menambahkan bahwa pendampingan orang tua sangat diperlukan untuk mengarahkan anak dalam memilih bahan bacaan yang sesuai usia atau minatnya. "Dengan demikian kuncinya adalah pada pendampingan orang tua".
Sebelumnya akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Wisnu Widjanarko mengatakan orang tua perlu menumbuhkan minat baca pada anak dengan cara memberikan pendampingan dan perhatian. "Orang tua perlu mendampingi dan memperhatikan anak-anak mereka saat sedang membaca buku," katanya.
Wisnu yang merupakan dosen komunikasi keluarga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman tersebut mengatakan orang tua juga harus senang membaca sehingga menjadi teladan bagi anak. "Orang tua juga harus menjadi rekan berdiskusi ketika anak bertanya tentang seputar yang dibacanya".
Dia menambahkan bahwa membaca bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan positif selama pandemi Covid-19.

Referensi : https://republika.co.id/berita/qfs2k7428/psikolog-kegiatan-membaca-bersama-dekatkan-orangtuaanak

Share This Post: