Life Skill Adalah Kecakapan Hidup yang Sebaiknya Dikuasai Anak, Apa Saja?

Matematika, sains, bahasa, mungkin si Kecil meraih nilai tinggi untuk mata pelajaran di sekolah. Namun, tahukah Anda, jika ada hal lain yang juga penting sebagai bekalnya untuk tumbuh dewasa? Life skill atau kecakapan hidup adalah pelajaran berharga yang akan digunakan anak-anak sepanjang hidup mereka.
Sayangnya, sebagian besar anak tidak memahami bagaimana cara mengatasi permasalahan sehari-hari dalam hidup sampai mereka masuk usia remaja. Jangan tunggu sampai anak Anda bertambah besar untuk mengajarkan kecakapan hidup. Ajari ia life skill ini dan Anda akan merasa tenang melihatnya tumbuh menjadi anak yang mandiri.

Apa itu life skill?
Sebenarnya definisi life skill amatlah luas. LIfe skill atau kecakapan hidup merupakan sesuatu yang tidak didapatkan dari nilai akademis di sekolah. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), ada lima hal mendasar terkait life skill, yaitu:

  • Membuat keputusan dan mencari solusi

  • Berpikir kreatif dan kritis
  • Komunikasi dan kemampuan interpersonal
  • Kesadaran diri (self-awareness) dan empati
  • Mengatasi emosi dan stres

Tentunya dengan mengajari anak life skill sedini mungkin akan membantu anak tumbuh menjadi anak yang mandiri dan mampu menyelesaikan masalahnya sehari-hari.

Jenis life skill yang sebaiknya diajarkan pada anak
Pembelajaran jarak jauh alias sekolah online membuat Anda memiliki lebih banyak waktu bersama anak. Selain ia perlu memahami tentang pelajaran di sekolah, kini saatnya Anda memberinya bekal hidup yang berharga.Berikut ini jenis life skill yang sebaiknya diajarkan pada anak sesuai tahapan usia:

1. Usia pra-sekolah (2-4 tahun)
# Membereskan mainan
# Memilih baju sendiri
# Membantu menyiapkan meja makan

2. Usia 5-7 tahun
# Membereskan tempat tidur
# Menyiapkan sarapan sendiri
# Memisahkan pakaian kotor yang akan dicuci

3. Usia 8-10 tahun
# Mencuci piring
# Memasak
# Berkebun

4. Usia remaja (11+)
# Mengatur uang
# Mengecek kebutuhan rumah tangga
# Menjaga kebersihan diri
# Bertanggung jawab terhadap diri sendiri

Mengajari life skill pada anak membutuhkan komitmen dan kemauan yang kuat. Mungkin awalnya akan terasa merepotkan, tetapi semua itu akan menjadi bekal yang baik untuk anak saat ia tumbuh dewasa.

Referensi : https://www.sehatq.com/artikel/life-skill-adalah-kecakapan-hidup-yang-sebaiknya-dikuasai-anak-apa-saja

Share This Post: