Bosan Belajar di Rumah, Ini Obat Mujarabnya

Masa belajar dari rumah diperpanjang menyusul belum meredanya wabah virus corona. Tentu, kebosanan saat belajar dari rumah pun muncul. Ini 'obat mujarabnya'.
Aktivitas kegiatan belajar yang dilakukan secara online dalam waktu lama, bisa melahirkan kebosanan bagi murid. Mereka pun harus pandai menyiasati agar kegiatan belajar tersebut tidak jemu.

Beberapa tips berikut bisa dilakukan agar aktivitas di rumah tetap bisa menyenangkan, yakni sebagai berikut:
Atur Jadwal Belajar
Bagaimanapun juga sebagai murid punya kewajiban belajar yang harus dipenuhi karena berada di rumah bukan berarti libur. Maka, buatlah jadwal belajar layaknya sekolah seperti hari biasanya.
Mulai belajar pada jam seperti waktu kalian bersekolah. Begitu juga dengan pelajaran yang harus kalian pelajari, sesuaikan dengan mata pelajaran yang berlaku.

Gunakan Aplikasi Belajar
Untuk mempermudah kegiatan belajar dari rumah, kalian bisa memanfaatkan aplikasi belajar yang saat ini sudah banyak tersedia di Play Store maupun App Store.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga telah menyiapkan pelajaran dari SD hingga SMU yang bisa diakses di belajar.kemendibud.go.id. Situs bisa dikunjungi semua pelajar Indonesia dari manapun dan kapanpun.

Nikmati Hiburan
Setelah memenuhi kewajiban belajar, kalian bisa menikmati hiburan, misalnya dengan mendengarkan layanan streaming musik atau video.
Begitu pun bila ingin bermain game, yang tentunya sebagai catatan itu dilakukan usai belajar telah dilakukan pada hari itu. Selain itu, jangan lupa batasi waktu bermain tersebut.

Tetap Terhubung dengan Teman
Berada di rumah bukan berarti silaturahmi dengan teman sekolah berhenti. Kalian bisa berinteraksi dengan mereka lewat aplikasi untuk berkomunikasi.
Saling berkirim pesan atau melakukan panggilan, baik suara atau video untuk berbincang-bincang. Media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk saling bertukar kabar masing-masing.

Cermat Memilih Paket Data
Dengan kegiatan banyak dilakukan online, maka kalian harus cermat dalam memilih paket kuota data. Jangan situasi seperti sekarang ini membuat kali boros dalam menggunakan layanan internet.

Referensi : https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-4959454/bosan-belajar-di-rumah-ini-obat-mujarabnya

Share This Post: