Bunda Perlu Tahu, Pentingnya Mengajarkan Kejujuran pada Anak Sejak Dini

Setiap orang tua tentu ingin si Kecil tumbuh dengan sifat jujur. Nah, sifat ini bisa diajarkan sejak dini, Bunda.
Menurut konsultan Joanne Stern Ph.D, dibutuhkan banyak keberanian untuk mengatakan kebenaran, bagi siapa pun dan pada usia berapa pun.
"Sifat jujur tidak selalu datang secara alami, jadi ini adalah tanggung jawab orang tua untuk mengajarkan anaknya menjadi cukup berani untuk mengakui kesalahan. Seperti banyak karakteristik lain, karakteristik jujur pada anak sangat tergantung pada orang tua," ujar Stern, dikutip dari Psychology Today.
Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Bunda mengajarkan tentang kejujuran pada anak:

1. Bicarakan sejak awal tentang pentingnya jujur
Agar anak bisa lebih mudah memahami pentingnya jujur, kenalkan sejak dini, Bunda. Sampaikan seberapa besar Bunda menghargai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
Jika tidak ada kejujuran antara orang tua dan anak, maka tidak akan ada kepercayaan atau kedekatan dalam keluarga juga.
"Jika perlu, katakan bahwa kejujuran adalah tulang punggung dalam keluarga. Sifat ini membentuk landasan di mana hubungan keluarga dan rasa saling percaya akan terbentuk. Setelah kepercayaan itu rusak, akan butuh waktu lama untuk membangunnya kembali," imbuhnya.

2. Beri contoh pada anak
Tunjukkan tentang bagaimana jujur bisa diaplikasikan, tidak hanya dalam kata-kata tetapi juga dalam gaya hidup dan perilaku.
Orang tua tidak dapat mengharapkan anak untuk mengatakan yang sebenarnya, jika tidak ada bukti dan contoh nyata yang bisa diperlihatkan.

3. Tekankan kejujuran, bukan hukuman karena berbohong
"Biarkan anak tahu bahwa orang tua lebih menekankan kejujuran mereka, daripada hukuman atas perilaku tidak jujur yang mereka lakukan," tutur Stern.
Ya orang tua memang bisa memaksakan konsekuensi untuk kebohongan yang dilakukan anak, tetapi anak juga perlu tahu bahwa ada manfaatnya berperilaku jujur.
Setiap orang sebenarnya memiliki kemampuan untuk berani mengakui kesalahan dan jujur, tetapi jika tidak dipraktikkan maka akan lebih sulit dibiasakan.
"Orang tua memiliki kesempatan untuk membantu anak-anaknya berani jujur sejak dini, tetapi ini harus dibiasakan dan diperkenalkan," pesannya.

Referensi : https://www.haibunda.com/parenting/20200623124645-62-147795/bunda-perlu-tahu-pentingnya-mengajarkan-kejujuran-pada-anak-sejak-dini

Share This Post: