Ramadan Mendidik Generasi Qur'ani

Selagi Ramadan coba biasakan membaca Al Qur’an setiap selesai sholat meski cuma satu halaman. Begitu kira-kira pesan yang aku sampaikan kepada anak-anak agar mereka lebih mencintai Al Qur’an. Tentunya pesan ini juga menuntut keteladanan dari diriku untuk mengamalkan.
Alhamdulillah terasa menyejukan dan menentramkan. Memang tidak gampang bagi para orang tua untuk menarik anak-anak agar rajin membaca Al Qur’an karena berakrab ria dengan gadget jelas lebih mengasyikan.
Terlebih selama masa ‘karantina’ di rumah aktivitas yang dilakukan pada umumnya anak milenial lebih banyak berteman dengan medsos, nonton Youtube atau dengerin musik di Spotify.
Mendorong anak agar terbiasa membaca Al Qur’an membutuhkan kesabaran dan keteladanan. Berusaha untuk menghadirkan suasana rumah yang berbeda di bulan ramadhan dibanding dengan hari-hari biasanya. Menumbuhkan kesadaran dalam diri anak agar bertadarus sebagai suatu kebutuhan, sama seperti mereka bergantung pada handphone.
Jika kita menghendaki anak akrab dengan Al-Quran, tentu sebagai orang tua harus lebih dulu memberikan contoh. Maka jadikan Al-Quran sebagai bagian dari gaya hidup dan anak akan mengikutinya. Orang tua hendaknya dekat dengan Al-Quran, dengan selalu membaca, mengamalkan dan mendakwahkannya.
Sebaliknya jangan berharap generasi penerus kita akan dekat dengan Al-Quran bila kita selaku orang tuanya enggan membaca dan mengamalkan. Cerminan rumah tangga yang bahagia dan menentramkan bilamana dekat dengan Al Qur’an. Setiap keluarga Muslim perlu menyadari betapa pentingnya berinteraksi dengan Alquran guna memperkokoh ketahanan keluarga dan meningkatkan kualitas kebahagiaan rumah tangga.
Untuk itu sudah seharusnya kita berinteraksi dengan Al qur’an setiap saat dan selanjutnya yakni mengamalkan. Pengamalan inilah sesungguhnya tujuan yang paling tinggi dari memahami Alquran. Jadi, Al qur’an bukan hanya dibaca saja, melainkan juga diamalkan kandungannya. Rasulullah bersabda, “Sebaik-baik orang di antara kalian adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya” (HR Bukhari).
Kini kita berada di bulan Ramadhan, bulan diturunkannya Al qur’an. Momentum terbaik untuk mengajak anak lebih dekat dengan Al qur’an. Ada banyak media modern di era virtual yang bisa membantu anak untuk belajar Al Quran. Salah satu media terbaik adalah video bacaan Alquran yang dapat ditemukan dalam ragam aplikasi. Jadi, sebelum terlambat pastikan anak kita menjadikan Al Qur’an sedekat sahabat.

Referensi : https://www.kompasiana.com/dhanywahab/5eb5e973d541df79e13ed7f8/ramadhan-mendidik-generasi-qur-ani?page=2

Share This Post: