Kesalahan yang Berakibat Buruk bagi Kesehatan

Anda ingin memiliki tubuh yang fit dan tidak mudah sakit? Sebenarnya tidak sulit untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Intinya ialah kita harus memperhatikan kebiasaan sehari-hari. Sebagai langkah awal agar tubuh selalu fit dan kondisi optimal, Anda harus menghindari berbagai kesalahan. Beberapa kesalahan ini mungkin dipandang sepele. Namun, bila kita dapat menghindari kesalahan ini, maka kita dapat memperoleh tubuh yang sehat.

Ini beberapa kesalahan yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan kita:
1. Tidak Minum Cukup Air Putih
Kekurangan cairan tubuh (Dehidrasi) dapat menimbulkan banyak gangguan kesehatan, seperti mulut kering, pusing, mood yang kurang baik, hingga gangguan pencernaan. Untuk dapat memperoleh tubuh yang selalu bugar sekaligus dapat mengontrol nafsu makan, Anda harus minum air putih dalam jumlah cukup. Bila ingin mendapat manfaat lebih dari air putih, bisa pula dengan menambahkan air perasan jeruk lemon atau bisa juga potongan buah mentimun.

2. Tidak Mencukupi Kebutuhan Protein
Agar supaya kadar gula dapat terkontrol, maka cukupilah kebutuhan protein. Bila tubuh telah mendapat asupan protein yang cukup baik, maka tentunya nafsu makan akan bisa terkontrol, kemampuan fokus juga akan lebih baik, dan dapat meningkatkan massa otot tanpa lemak secara baik.

3. Tidak Mencukupi Kebutuhan Karbohidrat
Tubuh tetap membutuhkan karbohidrat. Anda dapat merasakan pusing, mual-mual, serta mood yang kurang nyaman apabila tubuh tidak mendapat asupan karbohidrat yang cukup. Namun memang, sebaiknya karbohidrat yang dikonsumsi ialah yang sehat seperti bulir utuh serta jenis kacang-kacangan.

4. Melewatkan Jam Makan
Melewatkan jam makan dapat menghambat sistem metabolisme tubuh. Selanjutnya akan menyebabkan pola makan yang semakin tidak terkontrol (overeating), kenaikan berat badan secara drastis, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Maka pastikan Anda selalu menjaga rutinitas waktu makan Anda dengan baik. Buah dan sayur-mayur juga harus ada dalam menu makanan keseharian.

5. Tidak Mencukupi Kebutuhan Lemak
Bila dikonsumsi dengan benar, lemak tidak akan membuat Anda kegemukan. Justru apabila tubuh tidak mendapatkan asupan lemak yang tepat, maka dampaknya bisa buruk. Lemak yang Anda konsumsi nantinya akan memberikan energi bagi tubuh yang dibutuhkan untuk aktivitas setiap hari. Lemak baik yang disarankan untuk dikonsumsi ialah yang berasal dari buah alpukat, minyak zaitun dan biji-bijian. Jangan lupa perhatikan porsinya, konsumilah secukupnya.

Mari jaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita untuk masa depan yang lebih baik.

Referensi : http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/kesehatan/kesalahan-yang-berakibat-buruk-bagi-kesehatan.html#sthash.b8JeFwnL.dpbs

Share This Post: