Cara Jelaskan Virus Corona ke Anak untuk Cegah Penularan

Virus Corona atau dikenal dengan COVID-19 dapat menyerang siapa saja. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan kebersihan menjadi hal utama yang harus dilakukan oleh masyarakat, termasuk anak-anak.
Namun, orang tua acap kali bingung menjelaskan kepada anak, apalagi COVID-19 merupakan virus jenis baru dan belum ditemukan vaksinnya. Kekhawatiran terhadap wabah ini akan membuat anak-anak mengalami kecemasan apabila pada orang tua tidak segera menjelaskan dengan baik.
Dilansir dari National Association of School Psychologist (NASP), membantu anak-anak mengatasi kecemasan terhadap wabah ini memerlukan penyediaan informasi dan fakta pencegahan yang akurat tanpa menimbulkan kepanikan yang tidak perlu.
Dengan kata lain, para orang tua diharuskan untuk menguasai apa itu COVID-19, gejala yang menyertainya, cara pencegahan, hingga penanganannya sebelum menjelaskannya kepada anak. Di sisi lain, ketenangan menjadi hal penting yang harus dimiliki para orang tua ketika menjelaskan wabah COVID-19 ini kepada anak.
Di sisi lain, ketenangan menjadi hal penting yang harus dimiliki para orang tua ketika menjelaskan wabah COVID-19 ini kepada anak.
Penting untuk diingat bahwa anak akan mencari bimbingan dari orang dewasa terkait bagaimana untuk bersikap menghadapi hal ini. Jika orang tua tampak terlalu khawatir, kecemasan anak-anak dapat meningkat. Orang tua harus meyakinkan anak-anak bahwa petugas kesehatan dan sekolah sedang bekerja keras untuk memastikan bahwa masyarakat akan tetap baik-baik saja.
Ajarkan anak cara-cara yang efektif untuk mencegah penularan virus Corona. Berikut adalah beberapa hal yang dapat para orang tua lakukan dan ajarkan kepada untuk menjaga kesehatan keluarga dari virus COVID-19, dilansir dari Healthy Children:
1. Ajarkan anak untuk lebih rajin mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan. Cari yang berbasis alkohol 60 persen atau lebih tinggi. Namun, awasi penggunaan cairan pembersih tangan tersebut oleh anak anda sebab terdapat resiko keracunan apabila tidak mengenakannya dengan benar.
2. Jauhkan anak-anak Anda dari orang lain yang sakit. Untuk sementara waktu, jaga anak Anda untuk tetap di rumah jika mereka sakit.
3. Ajari anak-anak untuk menutup mulut ketika batuk atau bersin menggunakan tisu. Namun, dapat pula mereka mengenakan lengan atau siku mereka untuk menutup mulut ketika batuk dan bersin. Pastikan tisu yang mereka gunakan untuk menutup mulut hanya sekali pakai dan segera dibuang.
4. Bersihkan dan desinfeksi benda dan permukaan rumah tangga di rumah Anda.
5. Hindari menyentuh wajah Anda dan ajari anak-anak Anda untuk melakukan hal yang sama.
6. Hindari bepergian ke daerah yang sangat terinfeksi COVID-19.

Sementara, Child Mind Institute menegaskan para orang tua untuk tetap memperbaharui informasi sehingga tidak tertinggal informasi apapun mengenai wabah ini. Pastikan untuk terus mengomunikasikan apa yang Anda tahu sebagai orang dewasa kepada anak-anak sehingga mereka tidak akan mengalami kecemasan berlebih.

Referensi: https://tirto.id/cara-jelaskan-virus-corona-ke-anak-untuk-cegah-penularan-eDQz

Share This Post: