Menjadi Guru Privat itu Menyenangkan

Bagi seorang mahasiswa baik yang masih aktif kuliah maupun yang sudah lulus dan belum mendapatkan pekerjaan tetap, menjadi Guru Privat adalah profesi yang menarik. Hal ini karena selain untuk menambah penghasilan, menjadi Guru Privat menjadikan kita punya pengalaman mengajar yang akan mengasah kompetensi dalam banyak hal seperti komunikasi, negosiasi, menghadapi & menyelesaikan problem-problem personal dll .

Apa yang harus dipersiapkan untuk menjadi Guru Privat Yang menarik, menyenangkan serta dapat menginpirasi ? berikut bebrapa tips yang bisa diikuti :

  1. Pahami latar belakang siswa, bersekolah dimana, umur, duduk di kelas berapa,, bagaimana lingkungan keluarganya, hal ini diperlukan agar kita dapat menyesuaikan & mempersiapkan apa yang dibutuhkan oleh siswa tersebut
  2. Menjaga penampilan saat mengajar. Apa lagi di hari pertama Guu bertemu siswa dan mulai belajar, kesan pertama yang baik akan lebih memudahkan tugas guru yntuk mendampingi siswa dalam belajar. Datang tepat waktu , berpakaian bersih, rapi dan pantas, usahakan mandi dulu sebelum mengajar agar terlihat segar dan menularkan semangat pada siswa.
  3. Siapkan bahan ajar dan Media Pembelajaran. Guru yang fun dan memahami kebutuhan siswa adalah Guru yang dibutuhkan pada jaman sekarang. Untuk melancarkan kegiatan belajar mengajar 1-2 jam sebelum mengajar coba buat sketsa pembelajaran yang akan dilakukan, ini akan sangat membantu kita dalam memenuhi apa yang dibutuhkan siswa.
  4. Mulailah Sesi Belajar dengan Doa bersama dan membuka kesempatan anak untuk curhat , tanyakan apa yang sudah dia lakukan di Sekolah hari itu, bagaimana kabar teman-temannya, ada hal menarik apa yang terjadi di sekolah dll. Bangun kepercayaan dan berilah kesan mendalam bahwa kita adalah orang yang bisa siswa percaya untuk bercerita dan membagi keluh kesah. Pada pertemuan pertama jangan memaksa dia untuk mau curhat, tapi pancing kemampuannya dalam berbicara & berpendapat. Mulailah dengan membuka diri menceritakan diri kita, pengalaman kita, hal lucu yang pernah kita alami dan kesukaan kita pada hal-hal tertentu .
  5. Guru Privat adalah Teman Belajar Anak bukan Guru Kelas ,jadi jangan menambah beban siswa dengan PR dan tugas lagi. Anak-anak mungkin sudah lelah dengan tugas sekolah yang menumpuk, tugas les musik, bimbingan belajar dll. Sebenarnya Guru Les Privat itu bukan benar-benar Guru, Tugas utamanya adalah sebagai Teman belajar siswa. Jadilah orang yang paling mengerti kebutuhan siswa akan pendidikan, paling mengerti kesulitannya alam pembelajaran dan paling faham dalam pergaulannya di sekolah. Kita adalah "teman" siswa bukan Orangtuanya, jadi tak perlu marah & menunjukkan muka kesal jika siswa tidak mendapatkan nilai yang memuaskan.
  6. Tanamkan Sikap Moral & Bangun Karakternya.Tugas Guru Privat bukan hanya sekedar anak menjadi pintar serta mendapatkan nilai bagus dalam pelajaran di Sekolah (walopun itu juga hal penting), yang dibutuhkan oleh negara kita saat ini adalah siswa yang jujur, terbuka, toleran, pantang menyerah dan berperilaku baik dalam hubungan dengan orang lain. Nilai tinggi bisa saja didapatkan dengan memberinya banyak latihan soal, hal yang relatif mudah dan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. akan tetapi membangun karakter butuh proses cukup lama dan tidak sederhana. Jadilah role model bagi siswa , jadilah guru yang menginspirasinya untuk menjadi baik dari waktu ke waktu, jangan pernah tunjukkan muka cemberut atau marah di depannya, berikan apresiasi saat ia telah berjuang melakukan hal-hal baik yang sebelum ini belum dia kerjakan. Jika siswa melakukan kesalahan berikan koreksi dengan cara yang baik dan sesuai dengan karakternya. Selipkan kisah-kisah Kepahlawanan& Keteladananuntuk menanamkan perilaku terpuji.
  7. Lakukan Variasi dalam belajar untuk menghindari kejenuhan, jika anak tidak bersemangat dalam belajar, ajak belajar di taman, Kafe yang tenang atau tempat lain yang kondusif untuk belajar, lakukan pratikum dan praktek untuk melihat pembuktian-pembuktian dari teori yang dipelajari .
  8. Berikan Penghargaan ketika siswa mencapai target , beri hadiah kecil atau bawakan makanan kesukaan dia saat sesi pelajaran , dan dimakan bersama usia belajar , berikan selamat & doa saat anak Ulang tahun dan yang terpenting lakukan semuanya dengan hati yang tulus. Ikatan antara kita dan siswa akan semakin kuat , dan akan lenbih memudahkan kita dalam membantu persoalan-persoalannya.

Referensi : https://www.kompasiana.com/rofayuliaazhar/54f6c553a333112c5e8b476b/7-tips-untuk-menjadi-guru-les-privat-yang-keren?page=2

Share This Post: