Menerima & Bahagia Menjadi Diri Sendiri

Apa yang kita rasakan ketika berpura-pura menjadi orang lain ? Aneh, tegang, tidak bahagia , tidak menikmati hidup dan lelah bukan ? Menerima diri sendiri apa adanya dengan segala kekurangannya memang bukan sebuah hal yang mudah , butuh proses dan perjalanan yang cukup berat untuk dijalani. Akan tetapi kita merasakan kebahagiaan yang begitu mudah didapat serta kemerdekaan hidup saat kita sudah sampai pada penerimaan diri kita yang utuh.

Jika kita berpikir & merasa lebih apa adanya , maka akan lebih mudah bagi kita untuk menerima diri apa adanya tanpa harus berusaha banyak untuk meningkatkan kepercayaan diri demi tidak merasa minder . Oke badan saya gemuk, tidak apa kulit saya tidak putih , tak masalah saya pergi kemana-mana naik kendaraan umum adalah langkah-langkah untuk menuju pada penerimaan diri yang akan menumbuhkan rasa percaya diri.

Setiap orang memiliki kadar kepercayaan diri yang berbeda-beda ,tiap orang tidak juga harus punya kepercayaan diri yang tinggi ,karena tidak ada manusia yang sempurna. Kekurangan kita adalah bagian dari diri kita. Tuhan Menciptakan kita Dengan segala KehendakNYA. Jadi tentu tidak ada gunanya mengeluh dan marah-marah karena nasib kita tidak seperti orang lain.

Mengenali diri sendiri adalah langkah awal untuk penerimaan diri , ada beberapa pertanyaan yang bisa kita jawab untuk membantu mengenali diri sendiri :

Apa kekuatan dan kelemahan diri kita ?

Apa yang kita sukai dan idak kita sukai

Bagaimana cara kita berinteraksi dengan orang lain

Apakah kita bahagia karena uang ?

Hidup seperti apa yang benar-benar kita inginkan

Dengan menjawab jujur pertanyaan diatas kita akan tau kekuatan diri kita, jadikan itu sebagai identitas , terima kelemahan kita dan terus perbaiki kekurangan dalam hal cara kita berinteraksi dengan orang lain jika bisa berdampak merugikan orang & diri sendiri.

Tidak perlu terlalu mengkhawatirkan apa yang orang katakan dan pikirkan tentang diri kita, karena itu diluar kendali kita, sadari bahwa kita tidak akan mungkin memuaskan hati semua orang .

Fokuslah pada tujuan hidup, tentu akan ada hambatan dalam proses mencapainya, hadapi dan jalani , tak apa sesekali terjatuh, bangkitlah , tersenyumlah dan lanjutkan berjalan. Hambatan akan lebih mudah dijalani jika kita mencintai apa yang kita kerjakan, Cinta akan melahirkan pengorbanan oleh karena itu berikan hati pada setiap yang kita kerjakan

Setiap orang punya masalahnya sendiri-sendiri , tidak perlu kita pusingkan orang lain dan ingin jadi orang lain. Pikirkan saja apa yang bisa kita lakukan untuk memberi manfaat pada diri sendiri, orang dan lingkungan dengan apa adanya diri kita. Lakukan apa yang membuat kita nyaman & bisa membuat kita bahagia, dengan tidak melanggar hak orang tentunya. Tidak perlu terlalu repot mendengarkan kata orang dan mengikuti apa yang orang lain lakukan jika idak sesuai dengan diri sendiri.

nwia

Referensi : https://goodminds.id/cara-menjadi-diri-sendiri/

Sumber Gambar : Google

Share This Post: