Ini Manfaat Madu Asli Bagi Kesehatan, Yuk Mulai Mengonsumsinya!

Madu telah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang memiliki rasa manis dan digemari oleh banyak orang. Cara mengolah cairan berwarna keemasan ini juga terbilang sangat sederhana. Cukup mencampurkannya dengan makanan atau minuman, madu dapat meningkatkan cita rasa sebuah kuliner.
Rasa manis yang dimiliki oleh madu memang berbeda dengan yang diberikan oleh gula. Pasalnya, sumber rasa manis yang khas dari madu adalah monosakarida fruktosa serta glukosa. Kandungan kalori gulanya juga mampu menyerap lemak, terlebih saat dikonsumsi bersamaan dengan air hangat.
10 Manfaat Madu Asli
1. Menguatkan Sistem Imun Tubuh
School of Medicine, di Cardiff University, Inggris, telah melakukan penelitian tentang manfaat yang dimiliki oleh madu. Melalui penelitian tersebut diketahui jika madu mampu merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel imunitas.

2. Mampu Menjadi Sumber Energi Bagi Tubuh
Kesibukan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari memang seringkali membuat tubuh mudah terasa lelah. Kurangnya melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga juga dapat menjadi sumber utama kenapa tubuh gampang kelelahan. Untuk mengatasi masalah tersebut, mengonsumsi madu bisa menjadi solusinya.

3. Obat Alami untuk Meredakan Flu Juga Batuk
Batuk dan pilek merupakan penyakit yang cukup sering diderita oleh masyarakat di Indonesia. Nah, untuk meredakan gejala flu tersebut, madu dapat dijadikan sebagai obat penangkalnya. Alasannya, madu mengandung zat antioksidan, antimicrobial, dan antibakteri guna melawan bakteri, virus, dan juga jamur penyebab munculnya gejala flu.

4. Solusi agar Tidak Terserang Diabetes
Kombinasi kandungan glukosa dan fruktosa pada si pemanis alami ini juga mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Dengan begitu, penyakit diabetes tidak akan kambuh dan menyebabkan komplikasi yang dapat membahayakan penderitanya.

5. Kandungan Antioksidan Tinggi yang Mampu Mencegah Kanker
Dengan adanya antioksidan, proses oksidasi pada molekul di dalam tubuh akan menjadi lebih lambat terjadi. Alhasil, sel kanker akan lebih kecil berisiko muncul karena reaksi kimia dalam tubuh yang menghasilkan radikal bebas menjadi terhambat.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke
Penggumpalan darah di pembuluh darah juga dapat dicegah dengan madu. Alhasil, peredaran darah akan menjadi lebih lancar dan mengurangi risiko munculnya penyakit kardiovaskular dan juga stroke.

7. Menekan Efek Buruk Kolesterol dalam Tubuh
Kolesterol jahat yang terperangkap di dinding arteri akan menjadi plak saat terpapar dengan radikal bebas. Sama halnya dengan pengendapan, plak pada dinding arteri akan menyumbat aliran darah dalam tubuh. Dengan adanya antioksidan, radikal bebas akan menjadi berkurang dan mencegah kolesterol jahat untuk membentuk plak pada dinding arteri.

8. Mengontrol Berat Badan Berlebih
Salah satu manfaat madu yang tidak banyak orang tahu adalah menurunkan berat badan dan perut buncit. Caranya cukup dengan mencampur madu dengan air hangat dan perasan air jeruk nipis atau lemon. Campuran madu dan jeruk nipis atau lemon dikenal ampuh untuk secara alami memicu pembakaran lemak dan memperlancar sistem pencernaan.

9. Menjaga Kulit Tampak Lebih Sehat
Tidak hanya untuk kesehatan, madu juga memiliki segudang manfaat untuk menjaga kecantikan. Salah satunya adalah membantu kulit menjadi lebih lembap dan mampu menghilangkan sel kulit yang mati. Komedo, flek hitam, serta bekas jerawat juga dapat dihilangkan dengan menggunakannya.

10. Sebagai Obat untuk Menyembuhkan Luka
Manfaat madu yang terakhir adalah sebagai obat untuk menyembuhkan luka, baik luka karena jatuh maupun luka bakar. Dengan cara mengoleskannya pada luka atau kulit yang tergores, madu dapat mempercepat proses penyembuhan luka tersebut.

Khasiat Madu Asli Lebih Hebat Ketimbang Madu Kemasan
Berasal dari nektar bunga yang diambil oleh lebah dan disimpan sarangnya. Madu yang diperoleh dari sarang lebah tersebut, ada beberapa yang langsung mengemas dan menjualnya ke pasaran. Namun, karena permintaan konsumen sangat membludak, tak jarang ada penjual madu yang mencampurkannya dengan kandungan lainnya.
Pastinya, kualitas dari madu asli dengan campuran cukup jauh berbeda, begitupun khasiatnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membedakan mana madu asli dan yang telah dicampur dengan bahan lain.

  • Uji dengan Kertas
    Cara yang pertama adalah dengan mengujinya dengan menggunakan kertas. Saat dituang pada kertas, madu akan membuat kertas menjadi lebih sulit untuk dirobek. Jadi, ketika kertas masih mudah robek meski telah tertuang, maka besar kemungkinan madu tersebut telah mendapatkan beragam campuran di dalamnya.

  • Rebus dengan Sendok
    Cara lain untuk mengetesnya adalah dengan merebusnya menggunakan sendok. Ambil sendok dan tuang madu di atasnya, lalu panaskan di atas api kecil. Jika muncul busa yang banyak hingga lumer, itu berarti madu tersebut masih murni dan berkualitas baik.

Referensi : https://www.cermati.com/artikel/ini-manfaat-madu-asli-bagi-kesehatan-yuk-mulai-mengonsumsinya

Share This Post: