4 Manfaat Madu bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Selama ini, kita sering mendengar bahwa madu adalah suplemen yang baik bagi kesehatan tubuh. Berbagai kandungan yang ada di dalamnya, seperti asam fenol dan flavonoid, disebut baik untuk membantu menjaga kesehatan, termasuk untuk memerangi radikal bebas dan menjaga kesehatan jantung.
Namun, sebenarnya, madu tak hanya baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Bila diaplikasikan dengan tepat, madu juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Sebab, kandungan yang ada di dalam madu dapat membantu melembapkan wajah, menghilangkan bekas luka, hingga membantu mengurangi jerawat pada kulit.
Berikut beberapa manfaat madu bagi kecantikan kulit.

1. Melembapkan kulit
Ildi Pekar, pemilik dari brand Ildi Pekar Skin Care, menjelaskan bahwa madu dapat membantu melembapkan kulit, sekaligus menjadikannya lembut, cerah, dan berkilau.
"Gula di dalam madu berfungsi sebagai humektan dan emolien yang meningkatkan kadar air--juga mengurangi rasa kering di kulit--bahkan hingga ketika (madunya) sudah dihapus dari wajah," tutur Pekar, seperti dikutip Women's Wealth.

2. Menghilangkan bekas luka
Selain itu, madu juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan bekas luka. Carly Stein, pendiri produk kesehatan Beekeeper's Natural, mengatakan bahwa kandungan antioksidan pada madu, khususnya pada madu buckwheat, dapat menutrisi kulit dan membantu menghilangkan bekas luka. Kemudian, madu yang mengandung propolis juga dapat mengurangi stretch marks dan perubahan warna kulit.

3. Mengurangi jerawat
Madu juga disebut dapat membantu mengurangi jerawat pada wajah. Sebab, madu--khususnya madu buckwheat--memiliki kandungan anti-inflamasi yang bisa mengurangi warna merah dan pembengkakan akibat jerawat. Di luar itu, kandungan anti-bakteri yang ada pada madu juga bisa membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

4. Membantu mencerahkan kulit
Menurut Healthline, meski belum dibuktikan dengan penelitian, madu juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit. Sebab, madu memiliki kandungan eksfoliasi yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

Referensi : https://kumparan.com/kumparanwoman/4-manfaat-madu-bagi-kesehatan-dan-kecantikan-kulit-1smtdek21yx/full

Share This Post: